Wednesday, 22 June 2016

Bagaimana Agar Tetap Efektif Berkerja Saat Puasa?

Puasa sambil kerja, sebenarnya gampang-gampang susah. Buat sebagian orang, nggak mudah berkonsentrasi penuh saat dalam kondisi lapar dan haus. Di sisi lain, banyak perusahaan yang justru memiliki deadline ketat di bulan Ramadan. Makanya, penting banget supaya kamu bisa tetap bekerja meski sedang berpuasa. Coba tiru langkah-langkah di bawah ini ya!

Datang on time
Perusahaan biasanya menetapkan jam masuk yang lebih pagi selama bulan Ramadan. Jam kerja lebih awal merupakan pengganti dari jam pulang yang juga berubah menjadi lebih cepat. Otomatis, jam kerjamu menjadi lebih pendek. Usahakan tetap datang tepat waktu agar kamu bisa memanfaatkan jam kerja yang singkat untuk bekerja secara optimal. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu pulang lembur.

Manfaatkan jam istirahat
Selama bulan Ramadan, jam istirahat kantor yang biasanya digunakan untuk makan siang otomatis tidak kamu gunakan. Meskipun begitu kamu bisa memanfaatkan jam istirahat untuk kegiatan lain, misalnya power nap atau bersantai sejenak denga nonton video lucu. Apapun pilihan kegiatanmu untuk mengisi jam istirahat, pastikan kamu benar-benar rehat sejenak dari pekerjaan. Sesudahnya, kamu pasti jadi lebih segar dan bisa kembali fokus bekerja.

Buat to do list
Kerjaan yang menumpuk, bikin kamu bingung harus memulai pekerjaan dari mana. Inginnya sih cepat selesai, tetapi ternyata malah jadi setengah-setengah. Coba deh buat prioritas dalam sebuah daftar, tulis tanggal deadline yang diminta, dan kapan target pribadimu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Beberapa applikasi to-do-list seperti Wunderlist misalnya, memungkinkan kamu untuk mengatur reminder. Tapi ingat ya, patuhi to-do-list yang sudah kamu buat, jangan hanya ditulis tetapi juga dikerjakan.

Bangun motivasi
Ciptakan motivasi yang spesifik dalam bekerja. Misalnya kamu harus menyelesaikan semua pekerjaanmu tepat waktu agar bisa segera pulang dan berbuka di rumah. Ingat juga bahwa di akhir bulan ini, kamu akan mendapat THR dari kantor. Pasti kamu jadi lebih bersemangat, bukan?