Friday, 27 May 2016

Jangan Takut Banting Setir Karier!

Bertahun-tahun bekerja di posisi yang sama membuatmu terus menerus ada di zona nyaman. Padahal keinginan untuk pindah perusahaan atau menggeluti bidang lain sudah lama terlintas di benakmu. Kamu hanya tidak berani mengambil risiko, padahal bisa jadi kamu melakukan pencapaian yang lebih tinggi di perusahaan atau bidang pekerjaan yang baru. Biar kamu nggak ragu mengambil kesempatan baru, baca dulu petunjuk ini sebelum kamu banting setir karier!

Daftar Minat & Bakat
Buat daftar spesifik hal-hal yang kamu minati dan hal-hal dimana kamu merasa memiliki kemampuan lebih (3 – 4 bidang). Setelah itu lihat ingat-ingat pengalaman kerja apa saja yang pernah kamu lakukan. Pilih dari daftar pendek tersebut, jenis pekerjaan apa yang sesuai dengan minatmu dan dapat kamu lakukan dengan baik. Kemungkinan besar bidang itulah yang akan kamu geluti selanjutnya.

Cari informasi
Sudah putuskan jenis karier yang ingin kamu geluti? Mulailah mencari informasi dari relasi yang sudah menggeluti bidang tersebut lebuh dulu. Tanyakan dengan mendetail job description pekerjaan tersebut, kelebihan serta kekurangannya agar kamu mendapat gambaran yang pasti untuk bahan pertimbangan.

Jangan gegabah
Sebisa mungkin pertahankan pekerjaan lamamu hingga memperoleh pekerjaan baru yang kamu inginkan. Jika kamu berganti bidang pekerjaan, pertimbangkan juga kemungkinan untuk down grade. Misalnya selama ini kamu bekerja di bidang media, kemudian berniat pindah ke industri perbankan, mungkin kamu harus memulai lagi dari bawah di tempat yang baru. Namun jika kamu serius ingin menggelutinya, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mempelajari bidang baru tersebut.

Berpikir ulang
Coba pikir-pikir, apa motivasimu memulai karier baru. Apakah kamu tidak menyukai jenis pekerjaannya atau tidak puas dengan perusahaan tempatmu bekerja? Dua hal ini sangat berbeda. Jika kamu tidak menyukai pekerjaannya, maka kemanapun kamu pindah, selama kamu tetap mengerjakan pekerjaan yang sama, kamu akan tetap merasa tertekan. Sedangkan jika kamu tidak puas dengan perusahaan, kamu bisa melamar posisi yang sama di perusahaan berbeda.

Lihat Realita
Mungkin kamu punya cita-cita untuk bekerja di bidang tertentu, tetapi lihat dulu kemampuanmu, apakah kamu memang mampu untuk menjalani profesi impianmu atau tidak. Lihat juga prospek kerja di bidang tersebut, saat ini beberapa bidang pekerjaan mengalami kemunduran, sementara beberapa bidang baru justru bertumbuh cepat. Jangan sampai kamu justru pindah ke bidang yang tidak memiliki masa depan.

Jika sudah mempertimbangkan segala aspek dengan matang dan siap memulai karier baru. Segera cari informasi tentang perusahaan yang kamu minati dan rapikan CV terbarumu ya. Semoga beruntung!