Monday, 09 January 2017

Benarkah Bersepeda Memengaruhi Kesehatan Pria?

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang banyak disukai pria. Namun, banyak yang mengatakan bahwa bersepeda dapat memengaruhi tingkat kesuburan pria. Jangan buru-buru panik dan menjual sepeda favorit Anda di toko online. Sebenarnya, bersepeda tidak mengakibatkan ketidaksuburan secara langsung. Justru-seperti juga olahraga lainnya-bersepeda dapat meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika teknik bersepeda yang Anda lakukan tidak tepat, maka bukan tidak mungkin Anda mengalami efek samping yang memengaruhi kualitas sperma. Pertama, cedera atau trauma yang terjadi di daerah sekitar testis. Misalnya akibat benturan atau penekanan yang lama di bagian sadel. Kedua, peningkatan suhu tubuh akibat celana yang terlalu ketat, tidak menyerap keringat, dan gesekan tubuh dengan sepeda ataupun bagian tubuh lainnya.

Simak dulu penjelasan yang dilansir dari situs klikdokter.com dan temukan trik bersepeda yang tepat agar Anda bisa bersepeda dengan aman.

1. Pilihlah sadel yang tepat dan nyaman. Sadel yang dianjurkan adalah sadel yang lebar, apabila sadel terlalu sempit, maka dapat menyebabkan ujung sadel menekan area testis. Hal ini dapat menyebabkan rasa kebas atau nyeri. Sadel yang memiliki cekungan di bagian tengah dapat mengurangi tekanan pada testis.

2. Gunakan celana bersepeda yang memiliki bantalan (padded) sehingga dapat mengurangi benturan ke daeerah testis.

3. Ubah posisi duduk Anda di sepeda setiap 10 menit bersepeda

4. Hindari rute yang memiliki jalanan yang berbatu atau yang berpotensi menimbulkan goncangan antara sadel dan badan.

5. Saat terjadi terjadi hentakan atau goncangan di sepeda, angkat sedikit badan atau mengurangi tekanan badan pada sadel sehingga gaya benturan tidak sepenuhnya diteruskan. Namun hati-hati agar jangan sampai kehilangan keseimbangan.