Friday, 23 June 2017

Cara Bikin Stamina Maksimal Saat Mudik ‘Road Trip’

Momen mudik akan datang dalam hitungan hari, saatnya Anda menyiapkan stamina agar perjalanan mudik lancar. Khususnya, jika perjalanan mudik ditempuh dengan kendaraan pribadi dan Andalah yang jadi pengemudinya. Jangan sampai rasa lelah selama di perjalanan justru membuat Anda tak bisa leluasa beraktivitas di kampung halaman nanti. Simak tipsnya agar stamina Anda bisa maksimal saat mudik nanti!

Perhatikan Nutrisi

Makanan bergizi memang harus dikonsumsi setiap saat, tetapi pada praktiknya, Anda mungkin kerap mengabaikan nutrisi yang Anda konsumsi karena tak punya cukup waktu. Akhirnya, Anda hanya mengonsumsi makanan praktis yang tidak sehat. Perhatikan asupan nutrisi Anda setidaknya 1 – 2 minggu sebelum mudik. Perbanyak makan makanan penghasil energi seperti brokoli, kacang-kacangan, bayam, dan seafood. Jenis makanan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi yang membuat Anda tidak gampang lelah. Jadi, ketika mudik nanti, tubuh Anda akan lebih bertenaga.

Jangan kurang tidur

Usahakan mengosongkan waktu sehari sebelum keberangkatan khusus untuk beristirahat. Hindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu melelahkan dan tidurlah lebih awal. Bukan tidak mungkin Anda akan mengemudi tanpa henti selama berjam-jam. Jadi lebih baik cukupkan waktu istirahat Anda agar tidak cepat mengantuk saat mudik.

Siapkan air minum

Air putih punya peranan penting untuk mengembalikan energi dan juga  meningkatkan konsentrasi. Saat dehidrasi terjadi, tubuh akan terasa lemas  dan kurang fokus. Oleh karena itu, penting agar Anda tetap mengonsumsi setidak 6-7 gelas air putih, meskipun sedang dalam perjalanan. Jangan malas minum karena tak ingin sering berhenti untuk buang air. Anda mungkin menghabiskan waktu beberapa menit lebih lama untuk singgah, tetapi membuat tubuh tetap terhidrasi sangat penting agar Anda tidak kehilangan konsentrasi ketika menyetir.

Jangan ragu berhenti

Sesekali berhentilah sejenak untuk melakukan peregangan. Berdiam di posisi mengemudi terlalu lama akan membuat badan terasa pegal dan otot-otot menjadi kaku. Peregangan secara berkala dapat membantu menguranginya. Jangan paksakan diri juga jika situasi jalan ternyata lebih macet dari perkiraan Anda. Jika perlu, bermalamlah dulu di penginapan terdekat, sebab kelelahan yang Anda rasakan malah bisa memicu terjadinya kecelakaan.