Monday, 31 October 2016

Olahraga Bela Diri ini Bikin Anda Terlihat Jantan

Seni bela diri memang sangat menarik untuk dipelajari. Bukan hanya karena bisa membuat tubuh menjadi bugar dan bisa digunakan sebagai pertahanan diri, pria yang menguasai bela diri juga terlihat lebih jantan dan seksi di mata wanita. Si Dia, bisa jadi semakin tergila-gila pada kekuatan dan kelincahan Anda saat mengeluarkan jurus-jurus bela diri. Jika belum pernah mencoba bela diri sebelumnya, cari tahu dulu ragam seni bela diri yang bisa Anda  pelajari. Setelah itu, carilah yang paling sesuai dengan karakteristik Anda.

MUAY THAI/KICKBOXING
Mendengar istilah kickboxing, kebanyakan orang akan cenderung membayangkan gerakan menendang dan meninju. Namun sebenarnya muay thai yang berasal dari Thailand ini juga kerap menggunakan lutut dan siku saat menyerang. Jika Anda percaya diri dengan kecepatan dan kekuatan kakimu, maka olahraga ini sangat sesuai untuk Anda.

WING CHUN KUNG FU
Seni bela diri jarak dekat  yang berasal dari Cina ini berfokus pada keseimbangan tubuh. Wing Chun Kung Fu juga terbilang unik karena gerakannya yang konsisten menyerang maju ke arah lawan. Bela diri ini lebih banyak menyerang dengan menggunakan tangan dibandingkan kaki. Bela diri ini sangat cocok jika Anda ingin meningkatkan keseimbangan tubuh dan konsentrasi. Namun jika Anda tergolong  orang yang memiliki refleks lambat, maka bela diri satu ini kurang cocok untuk Anda.

BRAZILIAN JIU-JITSU
Gerakkan Brazilian Jiu-jitsu sebenarnya memiliki kemiripan dengan bela diri judo. Hal ini tidak mengherankan mengingat jiu-jitsu awalnya berasal dari judo juga. Namun gerakan jiu-jitsu pada dasarnya berfokus pada mengunci dan memiting lawan hingga menyerah. Meskipun jiu-jitsu kenyataannya jiu-jitsu kurang efektif untuk membela diri, namun sebagai olahraga, jiu-jitsu cukup mudah dipelajari.

KRAV MAGA
Bela diri satu dikembangkan sebagai cara bertarung tentara pertahanan Israel. Selain melibatkan gerakan menendang, memukul, dan  juga melempar, Anda juga bisa mempelajari cara melumpuhkan penyerang dengan cara melempar pisau karet. Krav maga akan mengajarkan Anda bagaimana teknik ‘mengunci’ lawan. Uniknya, krav maga memiliki beberapa teknik yang umumnya dilarang pada bela diri lainnya seperti tendangan ke pangkal paha atau mencolok mata lawan.

JUDO
Olahraga yang berasal dari negara Jepang ini sudah ada sejak akhir tahun 1800-an. Saat melihat pertandingan judo, Anda akan melihat bagaimana kedua pemain berusaha saling membannting dan menjatuhkan lawan. Meskipun tidak ada gerakan yang khas dalam judo, namun nyatanya olahraga satu ini cukup populer dijadikan kompetisi.

PENCAK SILAT
Bela diri asal Indonesia ini memiliki pengaruh dari budaya Cina, Agama Hindu, Budha, serta Islam. Meskipun begitu, pencak silat juga dikenal di negara-negara Asia tenggara lainnya seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filipina Selatan. Meskipun demikian, pencak silat seperti sudah melekat menjadi identitas bangsa Indonesia di mata dunia. Di setiap daerah di Indonesia, pencak silat berkembang dan menyerap kekaasan masing-masing daerah sehingga terdapat berbagai aliran. Salah satunya aliran Merpati Putih yang berasal dari Jawa tengah. Teknik yang digunakan diantaranya tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, dan mematahkan tulang sendi. Pencak silat juga kerap menggunakan berbagai senjata khas daerah seperti keris, kujang, cindai, dan masih banyak lagi. Uniknya, pencak silat tidak hanya fokus pada gerakan olah tubuh tetapi juga aspek spiritualitas.