Monday, 31 October 2016

8 Langkah Rutin Merawat Sepatu Kulit

Sepatu yang berbahan kulit harganya memang cenderung mahal, setara dengan kelebihannya seperti awet, tampak mewah dan profesional. Bagaimana biasanya Anda merawat sepatu kulit Anda? Jika tidak dirawat dengan semestinya, bisa-bisa sepatu “investasi” Anda bisa mudah rusak dan turun kualitasnya. Ikuti tips berikut agar sepatu kulit akan senantiasa awet, mewah dan bersih :

1. Segera setelah mengeluarkan sepatu dari kotaknya, semir sepatu Anda dengan merata untuk melindungi permukaan kulitnya. Semprotkan juga protector tahan air yang tidak mengandung silicon agar sepatu makin awet.

2. Jangan berlama-lama menyimpan sepatu kulit di dalam kotaknya karena beberapa material sepatu malah akan rusak jika terus menerus disimpan. Terutama jika diletakkan di area lembab rumah Anda.

3. Sebaliknya simpanlah sepatu di tempat yang kering namun jauh dari sumber udara panas dan sinar matahari langsung. Jika ada sepatu kulit Anda yang jarang digunakan, keluarkanlah dari kotaknya setelah disimpan selama 2-3 minggu dan cek jika sepatu ini perlu perawatan khusus.

4. Jika sol sepatu kulit mulai rusak atau beberapa bagian alasnya tidak seimbang, segera perbaiki sebelum solnya betul-betul aus. Anda bisa juga menambahkan lapisan sol karet di bawah sol aslinya untuk memperpanjang umur sol sepatu Anda.

5. Bersihkan juga bagian dalam sepatu secara teratur. Jaga sepatu kulit yang biasa Anda pakai agar tetap kering dan bebas dari keringat dengan bergantian memakai sepatu lain setelah beberapa hari.

6. Jangan ragu untuk membeli merk semir sepatu yang bagus sebagai investasi agar sepatu kulit Anda bisa bertahan hingga bertahun-tahun kemudian. Untuk jenis kulit yang agak mengilap seperti beeswaxed & oiled leathers carilah semir sepatu yang mengandung minyak (oil based), lebih baik lagi jika mengandung mink oil shea butter yang bisa merawat kulit dan mencegahnya agar tidak cepat berubah kering. Produk leather balm dan neutral cream untuk sepatu juga bisa memperbaiki garis-garis kerusakan halus serta pada permukaan kulit yang biasa timbul seiring pemakaian.

7. Untuk membersihkan kotoran pada permukaan sepatu pesta formal yang biasanya berbahan patent leather, cukup gunakan lap basah dan sabun lembut.

8. Untuk membersihkan sepatu berbahan beeswaxed & oiled leathers, Anda bisa gunakan lap kering. Oleskan cairan leather protector dan restorer yang berbahan dasar minyak untuk menyempurnakan kembali permukaan kulit yang tergores atau timbul retakan halus.