Friday, 03 November 2017

Pria Harus Tahu 5 Perawatan Wajib untuk Mobil Anda

Mobil adalah salah satu kebutuhan yang sulit dipisahkan dari para pria. Bahkan saking perhatiannya dengan mobil mereka, ada kalanya pasangan menjadi ‘nomor dua’. Apakah Anda juga demikian? Atau justru Anda baru berencana membeli mobil? Namun yang pasti, pria sejati harus tahu cara merawat kendaraan mereka. Ini dia 5 hal yang perlu Anda perhatikan saat merawat mobil :

1.Ganti oli dan aki berkala

Oli adalah salah satu komponen yang harus sering diperiksa. Sebab oli memiliki usia penggunaan yang relatif singkat. Apalagi jika medan yang ditempuh berat, maka usia penggunaan oli bisa semakin singkat. Selain oli, ada pula aki. Kondisi aki perlu diperhatikan untuk menghindari korsleting pada mesin mobil. Terdapat dua jenis aki, yaitu aki kering dan aki basah. Namun saat ini lebih banyak mobil yang menggunakan aki kering. Anda perlu memperhatikan kebersihan aki dan juga mengisi dayanya secara rutin.

2.Servis secara rutin

Lakukan servis mesin mobil secara rutin pada kilometer yang sudah ditentukan (misalnya kelipatan 10.000, 20.000, dan seterusnya. Namun Anda juga perlu melakukan servis lebih cepat dari jadwal jika dirasa performa kendaraan Anda kurang optimal atau berbeda dari biasanya.

3.Perhatikan ban mobil

Spooring dan balancing pada mobil adalah hal yang perlu dilakukan. Anda juga harus memperhatikan kondisi ban, sebab setiap harinya ban adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Semakin sering mobil digunakan dan semakin berat medannya, maka ban akan semakin cepat ‘gundul’. Jika sudah demikian, Anda harus segera mengganti ban agar tidak licin dan berbahaya.

4.Jaga kebersihan mobil

Cuci kendaraan Anda secara rutin setidaknya seminggu sekali—atau lebih sering jika kondisinya memang kotor. Mencuci mobil secara rutin bisa mencegah timbulnya jamur dan karat. Sementara untuk bagian dalam mobil, juga perlu di vacuum untuk mencegah adanya debu, serangga, dan juga sisa makanan.

5.Jangan malas panaskan mobil

Anda mungkin memiliki lebih dari satu mobil, atau hanya menggunakan mobil pada akhir pekan (sementara sisanya Anda menggunakan motor atau kendaraan umum). Namun meskipun mobil Anda jarang digunakan, jangan malas memanaskan mesin mobil setiap hari. Hal ini akan mencegah mobil Anda mengalami kerusakan.