Wednesday, 22 June 2016

Tip Punya Penampilan Segar Selama Puasa

Namanya sedang berpuasa, kamu pasti berada dalam kondisi lapar dan haus. Akhirnya kamu terlihat jadi lebih lesu dibandingkan biasanya. Padahal saat beraktivitas kerja ataupun bersosialisasi, kamu tetap harus terlihat segar dan percaya diri. Ayo buah jauh-jauh kelesuan yang muncul saat berpuasa. Coba tampil lebih segar dengan tips berikut ini!

Rajin cuci muka
Salah satu kendalanya orang berpuasa adalah rasa ngantuk yang melanda. Maklum, jam tidur jadi berkurang karena harus bangun sahur dan berangkat ke kantor lebih pagi. Alhasil, walau baru jam 12 siang, mata sudah terasa berat! Untuk menyingkirkan rasa ngantuk, coba basuh wajah setiap dua jam sekali. Air yang sejuk akan membuatmu mersa lebih segar.

8 gelas cukup
Sudah tahu kan kalau tubuhmu membutuhkan air setidaknya 8 gelas per hari. Sulitnya di bulan Ramadan, kamu hanya punya kesempatan minum di waktu sahur dan berbuka. Agar kebutuhan air tetap terpenuhi, coba minum 2 gelas air putih ketika berbuka puasa, 2 gelas setelah makan malam, 1 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Dengan membagi jatah minum selama beberapa jam, kamu tidak akan merasa kembung dan kebutuhan air seharian tetap terpenuhi.

Grooming dulu
Nggak ada artinya punya muka ganteng kalau selalu terlihat lesu. Biar wajah lebih fresh, jangan lupa merapikan penampilanmu secara rutin. Misalnya dengan mencukur rambut sebulan sekali (atau lebih sering jika gaya rambutmu berpotongan sangat pendek) dan merapikan janggut serta kumis. Ingat lho, rapi dan bersih adalah sebagian dari iman juga.

Olahraga ringan
Puasa jangan sampai menjadi alasan kamu nggak berolahraga. Walaupun durasi dan frekuensi olahraga sedikit berkurang di bulan Ramadan, namun usahakan jangan sampai tidak berolahraga sama sekali. Cobain deh ngabuburit dengan jogging santai 1-2 kali seminggu. Keringat yang keluar dari tubuh akan membuang juga racun-racun dalam tubuh. Badanmu jadi lebih segar dan kulit juga jadi lebih sehat.

Berpikir positif
Selama berpuasa pikiranmu juga harus dijaga. Jika pikiran kita dipenuhi hal-hal negatif, maka sadar atau tidak hal tersebut akan tercermin di wajah dan perbuatan kita. Coba bersihkan pikiranmu dari hal-hal negatif seperti marah, dendam, dan prasangka buruk . Nah, yang tidak kalah penting, hindari juga berpikiran ‘nakal’ saat sedang berpuasa. Jangan sampai puasamu batal, ya.