Friday, 09 June 2017

Tips Berbaur dengan Keluarga Pasangan Saat Lebaran

Momen Lebaran kerap menjadi waktu pertemuan dengan keluarga besar yang selama ini mungkin sulit ditemui. Menyenangkan? Tentu saja. Namun, tak jarang bertemu dengan keluarga juga menciptakan rasa canggung tersendiri. Jangankan mengobrol panjang lebar, mengingat silsilah keluarga saja sudah sulit. Semuanya terasa lebih sulit lagi ketika pertemuan itu menyangkut keluarga pasangan Anda. Butuh cara untuk bisa berbaur dengan dengan keluarga pasangan dan memenangkan hati mereka.

Sesuaikan Penampilan
Pastikan pada Pasangan lokasi seperti apa yang menjadi tempat pertemuan keluarga? Apakah di rumah keluarga yang mewah atau biasa saja? Jangan sampai Anda repot sendiri dengan pakaian Anda. Misalnya Anda jadi tidak tenang meninggalkan sepatu mahal di teras rumah saudara yang kebetulan terletak di di perkampungan, atau sebaliknya, terlihat lusuh di rumah keluarga yang terbilang mewah. Hari raya memang bukan sekedar soal penampilan, tetapi sesuaikanlah diri Anda dengan memberikan tampilan terbaik yang tidak berlebihan.

Hafalkan nama
Sebelum menghadiri kumpul keluarga, tanyakan pada pasangan nama-nama anggota keluarga yang mungkin hadir, khususnya om dan tante yang dituakan. Hafalkan nama mereka karena orang lain akan merasa dihargai saat kamu bisa mengenali dan tahu nama mereka.

Rumus 'Berbasa-basi'
Ada tiga hal yang secara umum dapat dijadikan topik untuk berbasa-basi dengan siapa saja. Bahaslah mengenai keluarga (anak), pekerjaan, dan hobi. Cukup lemparkan pertanyaan mengenai hal tersebut, pasti obrolan langsung mengalir dan suasana lebih cair.

Jangan 'pelit'
Lebaran adalah momen berbagi. Tidak penting mengenai jumlahnya, namun niat tulus Anda akan dihargai. Tidak percaya? Membagikan uang lebaran beberapa puluh ribu saja kepada para keponakan bisa memberi kebahagiaan untuk mereka, hati Anda pun lebih bahagia, dan Anda tidak akan dianggap pelit.

Bawakan buah tangan
Meskipun semua makanan sudah tersedia di lokasi acara kumpul keluarga. Namun tak ada salahnya membawa buah tangan. Buah-buahan atau kue bisa jadi oleh-oleh yang cocok dan bisa dinikmati bersama.

Praktikkan tips di atas pada hari raya nanti, kamu tidak perlu tanpa khawatir menghadapi suasana canggung. Selamat hari raya Idul Fitri dan jalin terus silaturahmi dengan keluargamu ya!