Wednesday, 05 June 2019

Wajib Tahu, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kualitas Sperma Seorang Pria

Selain stamina, salah satu hal yang menjadi faktor keberhasilan seorang pria dalam melakukan hubungan intim adalah kualitas sperma yang diproduksinya. Semakin banyak jumlah sperma yang dihasilkan, maka semakin besar pula peluang untuk membuahi sel telur. Hal ini menandakan bahwa seorang pria berada dalam kondisi kesehatan yang prima dan memiliki kualitas sperma yang baik pula. Hal ini bisa dialami jika seorang pria melakukan gaya hidup sehat selama hidupnya.

Sebaliknya, ada juga sebagian pria yang merasa bahwa sperma yang mereka hasilkan masih jauh dari kata sempurna, dan biasanya ditandai dengan belum terjadinya pembuahan pada pasangannya. Selain faktor kesuburan sel telur, kadang tanpa disadari hal ini juga bisa terjadi akibat seorang pria melakukan kebiasaan yang bisa menyebabkan kualitas spermanya menurun. Apa saja, ya?

Kebiasaan Merokok

Hal pertama yang sangat memengaruhi produksi jumlah sperma pada seorang pria adalah kebiasaan merokok. Hal ini karena kandungan zat nikotin dan zat lain yang terdapat pada tembakau yang bisa merusak antioksidan dalam sperma. Padahal, antioksidan inilah yang berperan penting dalam melindungi sperma dari paparan radikal bebas dan memengaruhi kecepatan sperma untuk berenang dan membuahi sel telur. Inilah alasan kenapa dalam kemasan rokok terdapat peringatan bahwa merokok menyebabkan impotensi, gangguan kehamilan, dan janin.

Konsumsi Alkohol

Kebiasan minum alkohol juga bisa menurunkan kadar testosteron seorang pria yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma yang mereka produksi sepanjang masa produktifnya. Bahkan, lebih parahnya lagi bisa memengaruhi gairah seksual dan berujung pada masalah impotensi pada pria.

Begadang

Selain membuat tubuh selalu merasa lelah dan tidak segar saat bangun di pagi hari, ternyata ada dampak buruk lain yang mengintai saat seorang pria yang terbiasa untuk terjaga hingga larut, yaitu menurunnya kualitas sperma yang menyebabkan kesulitan untuk membuahi sel telur. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Inilah alasan mengapa penting sekali untuk memiliki waktu tidur selama 6-8 jam setiap malamnya.

Menyimpan Ponsel di Saku Celana

Kamu termasuk seseorang yang terbiasa menyimpan ponsel di saku celana? Well, sebuah penelitian menemukan bahwa menyimpan ponsel di saku celana (apalagi celana yang ketat) juga mampu mempengaruhi jumlah, bentuk, dan kualitas sperma pria dewasa. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan suhu dan aktivitas elektromagnetik yang terjadi di dekat organ vital pria.

Berendam Air Panas

Meski terbukti ampuh untuk membuat badan terasa lebih rileks, ternyata mandi atau berendam air panas memiliki dampak yang cukup serius bagi kaum pria, yaitu menyebabkan terganggunya kinerja testis untuk memproduksi sperma dengan kualitas yang baik akibat suhu yang terlalu panas. Hal inilah yang menyebabkan produksi sperma menjadi jauh lebih sedikit.

Kelebihan Berat Badan

Seorang ahli kandungan dan reproduksi di Amerika menyebutkan bahwa kelebihan berat badan yang dialami oleh seorang pria juga menjadi faktor yang menyebabkan menurunnya kualitas, bentuk, dan pergerakan sperma menuju sel telur akibat terlalu banyaknya lemak dalam tubuh. Lemak berlebihan inilah yang membuat produksi hormon estrogen menjadi berlebih dan merusak pertumbuhan sperma pada pria. Untuk itu, menjalani pola hidup sehat adalah solusi paling tepat untuk mendapatkan sperma dengan kualitas dan bentuk yang baik.

Setelah membaca beberapa informasi di atas, langkah yang harus dilakukan untuk memiliki sperma dengan kualitas yang baik tentunya dengan mengurangi bahkan menghindari beberapa faktor penyebab di atas dan mulai menjalankan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan asam folat dan zat besi dan olahraga teratur, misalnya dengan melakukan beberapa gerakan seperti plank, squat, push up, dan kegel secara rutin.

Untuk mendukung pola hidup sehat ini, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti NEO hormoviton Pasak Bumi yang mengandung L-Arginine, Ginseng Extract, Pasak Bumi, multivitamin B1, B6, dan B12. Kandungan inilah yang akan membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan vitalitas pria dewasa, serta menjaga stamina agar tetap fit sepanjang hari.

Hadir dalam dua kemasan praktis, yaitu tablet dan botol 330 ml menjadikan NEO hormoviton Pasak Bumi sebagai suplemen tambahan yang bisa dibawa beraktivitas. 

Related Articles

ROMANTIC Wednesday, 29 May 2024
Tanda Love Life Relationship Kamu Butuh ‘Penyegaran’

Menyadari tanda-tanda love life relationship berada dalam kondisi tidak sehat sangat penting untuk kesejahteraan emosional dan mental kamu dan pasangan.

LIFE STYLE Friday, 10 May 2024
Rekomendasi Menu Makanan Penambah Stamina Pria

Asupan makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan pria secara keseluruhan. Berikut ini adalah rekomendasi menu makanan penambah stamina pria.

ROMANTIC Wednesday, 24 April 2024
Coba Perhatikan, Ini Tanda Kamu Memiliki Love Life Relationship yang Ideal

Ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang berada dalam hubungan love life relationship yang sehat dan bahagia.