Thursday, 23 June 2016

Kalimat yang Tak Boleh Diucapkan Saat Bertengkar

Seharmonis apapun suatu hubungan, pasti ada kalanya menemui kendala. Perbedaan pendapat dan kebiasaan serta rasa cemburu, bisa jadi salah satu alasan pemicu pertengkaran. Meskipun menimbulkan rasa kesal, namun pertengkaran sebenarnya adalah hal yang wajar. Bahkan, pertengkaran dapat menjadi salah satu jalan agar kamu dapat mengenal pasangan lebih dekat lagi. Akan tetapi, pertengkaran juga dapat berakibat fatal bagi hubunganmu jika tidak dapat diselesaikan dengan baik. Semarah dan sebesar apapun persoalannya tetap ada batasan yang harus kamu hindari saat bertengkar. Misalnya dengan tidak mengatakan hal-hal berikut ini.

Membawa-bawa masa lalu
Jika kamu bertengkar untuk suatu masalah yang terjadi saat ini, maka fokuslah berargumen untuk masalah tersebut. Tidak perlu mengungkit-ungkit kesalahan yang sudah berlalu. Hindari menyebutkan, “waktu itu kamu juga seperti ini” apalagi jika masalah yang dulu adalah hal yang sama sekali berbeda dan tidak ada kaitannya dengan kejadian saat ini. Selain tidak menyelesaikan masalah, mengungkit masa lalu hanya menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang pendendam. Dulu kamu sudah setuju untuk memaafkannya, kenapa sekarang melempar kembali hal yang sudah berlalu?

"Terserah kamu!"
Mengatakan hal ini sama saja membohongi diri sendiri. Kamu bersikap seolah tidak peduli, padahal di dalam hati kamu sangat kesal dan tidak bisa menerima sikap si dia. Bersikap tidak peduli adalah cara yang mudah, tetapi bukan yang terbaik dalam menyelesaikan masalah. Inginnya sih, si dia ‘mengejar’ kamu untuk menyelesaikan masalah, tetapi jika kamu terus begini, jangan-jangan si dia malah lelah dan meninggalkanmu!

 'Selalu' dan 'Tidak Pernah'
Saat dalam kondisi marah, tanpa sadar kamu sering mengucapkan kalimat, "Kamu SELALU membantah!" atau "Kamu TIDAK PERNAH mendengarkan aku!" atau kalimat menyudutkan lainnya dengan menyebutkan kata  'selalu' dan 'tidak pernah'. Mungkin pasanganmu membuat suatu kesalahan, tetapi dengan menyebutkan kedua kata tersebut, terkesan bahwa kamu hanya fokus pada kekurangannya dan melupakan bahwa sebenarnya dia juga punya banyak sisi baik yang sering ia tunjukkan. Lagipula, tidak ada orang yang sempurna, termasuk juga kamu.

Jangan Membandingkan
Jangan pernah membandingkan si dia dengan orang lain. Jangankan dengan mantan kekasihmu, dengan saudara kandungnya pun tidak boleh. Dibandingkan dengan orang lain adalah hal yang sangat menyebalkan dan menunjukkan kamu tidak bisa menerima pasanganmu apa adanya. Jika memang orang lain lebih baik di matamu, mengapa kamu memilih si dia sejak awal?

Menyerah pada hubungan
Jika sudah cinta, tak ada yang tak bisa diperjuangkan. Jadi separah apapun pertengkaranmu, jangan sampai kamu terbutakan emosi dan menyebutkan kata ‘putus’ atau ‘cerai’. Membangun hubungan memang tidak mudah, jika kamu termasuk orang yang gampang mengumbar kata pisah, mungkin kamu belum siap untuk memiliki hubungan yang serius.