Friday, 17 November 2017

Tips Bikin Hubungan Harmonis dengan Komunikasi

Hubungan Anda dan pasangan terasa berjarak? Hal ini bisa ‘dijembatani’ dengan dengan komunikasi yang baik. Kedengarannya mudah ya. Namun nyatanya masih banyak pasangan yang bingung bagaimana menciptakan komunikasi yang ideal. Komunikasi yang bisa membuat Anda berdua saling terbuka dan memahami, bukannya malah menutup diri. Coba simak 4 tips berikut ini, mungkin bisa jadi solusi untuk Anda dan dia.

Bicarakan hal ‘sepele’

Kejadian lucu yang terjadi di kantor atau kelanjutan kisah serial yang ditonton pasangan kemarin malam, mungkin terdengar remeh ya. Tetapi percaya atau tidak hal-hal seperti itu layak dibicarakan untuk mendekatkan hubungan Anda. Hal-hal sepele yang terjadi di kehidupan pasangan ternyata punya peran yang besar untuk kesehatan hubungan Anda. Kadang, Anda mungkin merasa pembicaraan ‘sepele’ terdengar membosankan dan too much information, padahal dari detail kecil seperti ini Anda bisa memperoleh informasi penting seperti camilan favoritnya di kantor atau kado yang ia inginkan untuk ulang tahun mendatang.

Jadi pendengar aktif

Seperti dilansir dari situs Psychology Today, merasa didengarkan adalah pengalaman yang bisa memperkuat perasaan Anda  pada orang lain (yang mendengarkan). Kini, tunjukkan pada pasangan bahwa Anda bukan hanya mendengarkan, tetapi juga memahaminya. Anda bisa menunjukan sikap memahami lewat senyuman, persetujuan terhadap kalimat yang ia gunakan, atau kalimat, “Aku ngerti,” –dengan catatan anda benar-benar mengerti. Jika Anda ingin bertanya atau menunjukan ketidaksetujuan, tunggulah sampai ceritanya benar-benar selesai.

Seimbangkan pembicaraan

Menemukan keseimbangan yang sehat antara berbicara dan mendengarkan sulit dilakukan dalam kebanyakan hubungan. Jadi usahakan porsi antara bicara dan mendengarkan itu seimbang. Ingat ya, pasangan juga ingin tahu lho cerita tentang keseharian dan pemikiran Anda.

Jadi lebih asertif

Menurut Psikolog Seksual Zoya Amirin, mengatakan apa yang Anda rasakan. Selalu awali kalimat dengan kata-kata, “Saya merasa....”. Misalnya “Saya merasa sedih kalau dicuekin sama kamu, saya jadi merasa seperti ini...”. Cara seperti ini akan membuat Anda bisa menciptakan interaksi yang lebih romantis dengan lebih asertif.

Tidak sulit kan membina hubungan yang lebih harmonis?  Komumikasi yang baik bisa adalah salah satu aspek utama dalam rumah tangga. Otomatis, rumah tangga pun jadi lebih hangat dan mesra. Jika sudah begitu, jangan lupa siapkan NEO hormoviton ya! Kandungan protein L-Arginine, Ginseng Extract, Ekstrak Pasak Bumi, dan vitamin di dalamnya ampuh meningkatkan stamina dan vitalitas Anda. Ciptakan momen agar Semua Menang, Semua Senang alias #SMeSS!