Monday, 20 November 2017

Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

Punya rumah sendiri adalah impian semua orang. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Namun tak bisa dipungkiri, membeli rumah bukanlah perkara sepele. Selain harganya yang cukup mahal, ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membeli rumah. Berikut ini adalah serba-serbi yang perlu Anda perhatikan saat memilih rumah. Selain memperhatikan luas tanah, bangunan serta harganya, coba perhatikan juga hal-hal berikut ini. Apa saja ya? Pastinya pria sejati harus tahu!

•  Air

Agar kebutuhan air sehari-hari terpenuhi, pastikan lokasi rumah yang hendak Anda beli memiliki akses yang baik terhadap air bersih. Sebagai contoh, rumah yang dibangun di atas lahan bekas area sawah atau rawa kualitas airnya tidak terlalu baik. Solusinya, Anda bisa membeli air dari PDAM. Pastikan lokasi rumah tersebut memungkinkan untuk dilalui jalur PDAM.

• Listrik

Jika rumah pilihan Anda adalah rumah second, coba tanyakan pada pemilik rumah apakah daerah tersebut sering mengalami mati listrik? Jika ya, coba pertimbangkan lagi. Listrik yang sering mati dapat merusak perangkat elektronik. Selain itu tanyakan juga berapa daya listrik rumah tersebut, apakah cukup memenuhi kebutuhan listrik perabot elektronik Anda atau tidak.

• Kondisi Fisik

Jika rumah yang hendak Anda beli melalui proses inden, maka pastikan dulu desain rumah dan spesifikasi material yang digunakan untuk membangun rumah. Apakah kualitasnya sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda? Jika yang Anda beli adalah rumah second, periksa kondisi rumah secara keseluruhan. Mulailah dari hal-hal yang terlihat oleh mata terlebih dulu seperti kondisi cat dinding, pintu, jendela, dan kualitas lantai. Jika Anda melihat bekas rembesan air di tembok, bisa jadi rumah tersebut mengalami kebocoran. Pastikan apakah sudah diperbaiki atau belum. Cek apakah kusen pintu dan jendela sudah dimakan rayap atau masih bagus. Tes juga kondisi keran air, wastafel, dan kloset apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

• Lingkungan dan sejarah

Lihat lingkungan rumah, apakah cukup nyaman dan sesuai dengan harapan Anda? Cari tahu apakah lingkungan tersebut aman atau rawan pencurian dan banjir. Sebaiknya lingkungan tempat tinggal juga dekat dengan fasilitas yang memudahkan aktivitas keluarga Anda, misalnya sekolah anak-anak, akses kendaraan umum, serta pasar tradisional ataupun swalayan.

Jika empat hal tersebut sudah diperhatikan dan sesuai dengan harapan Anda, maka lanjutkan pengecekan kelengkapan surat-surat rumah, dan setelahnya Anda bisa mulai mengajukan pinjaman ke bank. Tentunya, keputusan membeli rumah juga harus dipertimbangkan matang-matang dan disepakati dengan pasangan Anda. Sebab di rumah inilah Anda dan dia akan membangun keluarga dalam jangka waktu yang panjang. So, pastikan si Dia juga setuju agar Semua Menang, Semua Senang #SmeSS . Selamat berburu rumah!

Related Articles

ROMANTIC Monday, 10 June 2024
Tips Membangun Love Life Relationship Setelah Mengalami Patah Hati

Patah hati bisa menjadi salah satu pengalaman emosional yang sulit. Berikut ini tips membangun kembali kehidupan cinta setelah mengalami patah hati.

LIFE STYLE Wednesday, 05 June 2024
Rekomendasi Sayuran untuk Kesuburan Pria

Kesuburan pria dipengaruhi banyak faktor, termasuk pola makan. Mengonsumsi makanan sehat, terutama sayuran, dapat meningkatkan kualitas sperma dan kesehatan reproduksi pria. Berikut rekomendasi sayuran yang dapat meningkatkan kesuburan pria!

ROMANTIC Wednesday, 29 May 2024
Tanda Love Life Relationship Kamu Butuh ‘Penyegaran’

Hubungan yang tidak sehat akan menguras energi dan dapat berdampak negatif pada kualitas hidup. Menyadari tanda hubungan tidak sehat penting untuk kesejahteraan emosional dan mental.